Direktur PKBM Harapan Bangsa, Kota Kupang Mengubah Pendidikan Model Baru

Era Digital Berani Berinovasi, Bekali Peserta didik, Ciptakan Lapangan Pekerjaan lewat Pendidikan

Pimpinan PKBM Harapan Bangsa Kota Kupang ( Petrus Allung, SH)  Bersama jajaran kerjanya memberikan Inovasi terobosan yang baru, dilihat dari semakin sempitnya lapangan Kerja secara Nasional, bahkan peluang kerja dari Tahun ke Tahun mengalami penurunan peluang kerja bagi Lulusan sarjana, apalagi Lulusan SMA/SMK sederajat.

Mengamati kondisi sosial yang ada, Pimpinan PKBM Harapan Bangsa, melakukan Terobosan yang baru, yaitu membangun kerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan kebudayaan, Ristek dan teknologi menyelenggaraakan Pendidikan dan Pelatihan Program Pendidikan kecakapan Wirausaha Teknologi Informasi Digital, Jaringan Komputer dan System Administrasi Bagi 25 Orang Peserta didik selama 200 Jam Teori dan Praktek.

seluruh Ketrampilan yang diajarkan secara digital, tidak hanya sekedar memperoleh Sertifikat Kompetensi, Namun Pimpinan PKBM Harapan Bangsa, Bekerja keras Menjalin Hubungan kerjasama dengan Dinas Koperasi kota kupang serta Lembaga Platform Digital, mendirikan 2 Perusahaan Sekaligus sebagai Peluang Kerja bagi Alumni-Alumni yang baru Lulus Pelatihan.

Peserta yang Telah LULUS dari Pendidikan dan Pelatihan TIK Digital dan jaringan komputer, diberikan Paket Bantuan Dukungan Kerja berupa, 2 Unit Laptop, 2 Unit Meja Biro ( Meja Kerja) dan 10 Unit Kursi, 1Unit Printer, dan 2 Unit Usaha yang akan dikelola secara Mandiri dan didampingi oleh  Pihak Lembaga PKBM Harapan Bangsa beserta jajaran Tim Ahlinya, agar para Lulusan Tidak hanya membawa sertifikat, namun Langsung beroperasi dari Ilmu yang diperoleh selama 200 Jam ( 2 Bulan Belajar) dan  Dari Pekerjaan yang diciptakan Oleh Pimpinan Direktur PKBM Harapan Bangsa, Dapaat dirasakan Oleh Kelompok Usaha dan Masyarakat Pada Umumnya.

Direktur Sebelumnya Berpesan Dalam Sambutan Penutupan Kegiatan pada Tanggal 1 Agustus 2022 oleh Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang Bpk.Yeremias Abolake, S.Pd, Bahwa Berharap Pemerintah Kota Kupang bersama seluruh SKPD bidang, dan Unit-Unit Kerja dapat Mendukung Program yang diselenggarakan Oleh Lembaga PKBM Harapan Bangsa, Karena PKBM Harapan Bangsa, Bukan Identik dengan Pendidikan kesetaraan, Namun lembaga ini sudah terbiasa menyelenggarakan seluruh Bidang program Pendidikan dari PAUD, DIKDASEMN Kesetaraan, Hingga Pendidikan dan Pelatihan Kerja bagi Para Pencari kerja pemula.

Untuk itu dengan Terciptanya dua unit Usaha Baru yang menjadi Rintisan Program PKBM Harapan Bangsa, dapat didukung Penuh Oleh semua kalangan masyarakat Umum, agar dapat meningkatkan SDM dan IPM Kota Kupang dan NTT dari Tahun ke Tahun.

” New education paradigma “

Pemerintah Kota Kupang, melalui Kasie Kur Membuka Program PKW dari Dirjen Vokasi Kemdikbud, Riset dan Teknologi

Kepala Seksi Kurikulum PAUD dan PNF Membuka Program PKW TIK Jarinagn Komputer dan sistem Administrasi di PKBM Harapan Bangsa

Kepala Seksi Kurikulum PAUD dan Pendidikan Nonformal, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang” Bpk.Yeremias Abolaki, S.Pd, memberikan sambutan sekaligus membuka Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Teknologi Informasi dan Komunikasi Jaringan Komputer dan Sistem Administrasi Secara Resmi di PKBM Harapan Bangsa Kelurahan Oebobo Kec.Oebobo Kota Kupang, Senin (06/06/2022).

Acara ini dihadiri oleh Kerpala Seksi Pemberdayaan masyarakat Kelurahan Oebobo, Ketua RT 25 Rw.09 Bpk.Zem Kamengmau, A.Md.Kep beserta Penilik PLS  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang Bpk.Meiman Opyck, S.Pd , Mitra Kerja Lembaga Platform Digital DPW GRADASI NTT dan PT. AYU@TRAVEL.COM, Pimpinan Lebaga UMKM UD.Pominiku, Pimpinana UD.Pominiku Bpk.Ruben Edi Wage Mengikuti secara Virtual, Lembaga Permodalan dihadiri oleh Manajer KSU.Wangga Koly Bpk.Sabdi Djalla, Bapak Ibu Instruktur dan Narasumber Teknis, peserta program PKW  Teknologi Informasi, komunikasi dan jaringan komputer sistem administrasi tahun 2022.

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dalam hal ini yaitu Dirjen Pendidikan Vokasi dengan PKBM Harapan Bangsa dengan tujuan dapat Terselenggaranya program PKW TIK Jaringan dan system Administrasi kepada 25 Peserta didik.

Dalam Acara pembukaan Kegiatan ini, direktur PKBM Harapan Bangsa Petrus Allung, SH dalam sambutannya bahwa Pendidikan dan Pelatihan yang diselenggarakan Oleh PKBM Harapan Bangsa yang dipimpinnya agak sedikit berbedah cara penyelenggaraan, Pendampingan serta metode Menciptakan Peluang kerja sudah didesain dengan empat rancangan Program bagi Peserta 25 Orang diantaranya adalah:

  1. Peserta dilatih dan didorong memiliki Jiwa entrepreneurship berbasis Digital
  2. Didorng mampu memiliki Kompetensi Jaringan Komputer terlebih dalam penguasaan Aplikasi-aplikasi Digital yang dapat digunakan sebagai peluang Usaha Lapangan Kerja.
  3. Dilatih menguasai system manajemen pengelolaan jasa Keuangan (Koperasi) berbasis Bussinis Digital .
  4. Peserta dilatih memiliki Kompetensi Pengelolaan manajemen Aplikasi Dapodik sekolah, agar dapat ditawarkan kepada sekolah-sekolah PAUD-DIKDASMEN yang Belum memiliki Tenaga Khusus Dapodik.
  5. Lulusan-lulusan dari Program ini, dapat diterima di Dunia Usaha dan Dunia Industri jasa dibidang Teknologi Informasi dan system Administrasi.

Selain itu Kepala seksi Pemberdayaan Masyarakat Keluarhan Oebobo mewakili Lurah Oebobo, Mmemberikan Apresiasi yang sangat besar Kepada PKBM Harapan Bangsa telah menmbawa program yang dibilang Unik seprti ini dapat di berikan secara Gratis Kepada Masyarakat, Terkhusus bagi Masyarakat yang belum memperoleh pekerjaan Tetap.suatu Langkah menolong sesame dengan program seperti ini.Besar Harapannya bahwa Lembaga ini berada di tengah-tengah pemerintahan Keluarhan Oebobo Khususnya di RT 25 Rw 09 Telah memberikan Kontribusi yang sangat besar.itu karena atas dasar kerjasama yang baik. Untuk itu diharapkan kepada ke 25 Peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik hingga mencapai Tujuan mulai yang disampaikan oleh Bpk.Direktur ( Petrus Allung) #pintanya#.

103 PESERTA DIKTARA PKBM HARAPAN BANGSA, MENGIKUTI UPK DAN AN TAHUN 2021 SUSULAN

Ujian Pendidikan kesetaraan(UPK) Tingkat PKBM Tahun 2022 dan Asesmen Nasional Susulan Tahun 2021

A. Ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK) 

Dalam rangka menekan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) yang semakin meningkat  maka  Kemdikbudristek melakukan langkah responsif yang mengutamakan keselamatan dan kesehatan  peserta didik, pendidik, dan  tenaga kependidikan dengan menerbitkan SE Nomor 1 Tahun 2021, yang  diantaranya memuat:

1. Ujian Nasional  (UN) dan ujian  kesetaraan tahun  2021 ditiadakan

2. UN dan ujian  kesetaraan tidak  menjadi syarat  kelulusan atau seleksi  masuk ke jenjang  pendidikan yang lebih  tinggi.

3. Peserta  didik  dinyatakan  lulus  dari satuan/program pendidikan setelah :

a. Menyelesaikan program pembelajaran di  masa pandemi COVID-19 yang dibuktikan  dengan rapor tiap semester;

b. Memperoleh nilai sikap/perilaku minimal  baik; dan mengikuti  ujian  yang  diselenggarakan  oleh satuan pendidikan

     c. mengikuti  ujian  yang  diselenggarakan  oleh satuan pendidikan

Sejalan Dengan SE Nomor 1 Tahun 2021 dan memperoleh ketercapaian Ketuntasan dan kelulusan dari peserta didik atas penyelenggaraan Pendidikan selama 3 Tahun maka PKBM Harapan Bangsa Telah Menyelenggarakan Ujian Pendidikabn kesetaraan (UPK) Tingkat satuan Pendidikan Kota Kupang sejak Tanggal 21-24 Maret 2022, yang diikuti oleh 89 calon peserta UPK secara Daring ( Online)http://setara.kemdikbud.go.id/ jarak jauh dari Rumah dan atau Online On site dari sekolah.

Berdasarkan POS UPK Tahun Pelajaran 2021/2022 tersebut tertuang dalam Surat Edaran Direktorat PMPK, Ditjen PAUD, Dikdasmen Nomor 0109/C6/PM.00.01/2022 tertanggal 21 Januari 2022.

Hak dan Kewajiban UPK

1. Hak Peserta UPK

a. Setiap peserta didik yang telah memenuhi persyaratan berhak mengikuti UPK.

b. Peserta UPK yang karena alasan tertentu dan disertai bukti yang sah dapat mengikuti ujian susulan.

2. Kewajiban Peserta UPK

a. Mengikuti semua mata pelajaran yang diujikan.

b. Mematuhi tata tertib ujian.

Peserta UPK yang karena Alasan Tertentu sebagaimana diatau pada Poin 1 butir b diatas akan dilaksanakan pada tanggal 28 maret -01 April 2022 karena ditemukan ada sejumlah peserta yang gagal mengirimkan data UPK Online dari Rumah

A. Asesmen Nasional Susulan (ANS) Tahun 2021 

Pelaksanaan Asesmen Nasioanal Susulan yang diselenggarakan Oleh PKBM Harapan Bangsa, diakibatkan karena masih ada sejumlah Peserta didik asesmen Nasional yang telah ditetapkan menjadi peserta AN 2021 namun pada saat pelaksanaan AN Bulan September Paket C, Oktober paket B dan November Paket A, Mereka Tidak mengikuti AN Utama sehingga Pemerintah Pusat mengeluarkan SE Nomor 1113.H.H4/PG.00.02/2022 Tentang pelaksanaan Asesmen Nasional tahun 2021 susulan yang isinya adalah :

Dengan hormat, mempertimbangkan pentingnya hasil Asesmen Nasional tahun 2021 untuk perbaikan pembelajaran dan sebagai baseline untuk perbandingan pada tahun-tahun berikutnya, dan bahwa terdapat satuan pendidikan yang belum melaksanakan AN pada tahun 2021, akan dilakukan AN susulan untuk satuan pendidikan yang belum melaksanakan AN di tahun 2021. Sesuai dengan POS 2021, pelaksanaan AN 2021 pada tahun 2022 dilaksanakan pada rentang waktu Februari- April 2022.

 

Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon bantuan Saudara untuk melakukan koordinasi dan fasilitasi serta menyampaikan kepada satuan pendidikan beberapa hal berikut:

  1. Pelaksanaan AN susulan dilaksanakan bagi satuan pendidikan yang belum melaksanakan AN pada tahun 2021, sesuai daftar yang dapat di akses pada laman ANBK: https://anbk.kemdikbud.go.id
  2. Satuan pendidikan yang akan mengikuti AN susulan diwajibkan untuk memilih moda pelaksanaan dan mengatur sesi pada laman ANBK mulai tanggal 4 sampai dengan tanggal 10 Maret 2022.
  3. Satuan pendidikan yang tidak memilih moda pelaksanaan dianggap mengundurkan diri sebagai peserta AN susulan.
  4. Prosedur pelaksanaan AN susulan mengacu pada POS dan Juknis tahun 2021.
  5. Jadwal gladi bersih dan pelaksanaan ANBK terlampir.

seiring dengan surat edaran diatas yentang Asesmen Nasional maka PKBM Harapan Bangsa, kembali melaksanakan AN Susulan berbasis Online ANBK dengan Rincian Jadwal dan Peserta sebagai Berikut:

  1. AN Paket A-B dilaksanakan tanggal 21-22 Maret 2022 Tehadap AN Literasi dan Numerasi diikuti Oleh 4 Orang Peserta Paket A dan 8 Orang Peserta Paket B  dan PROSENTASI Partisipasi AN= 100% mengikutinya.
  2. AN Paket C Setara SMA  dilaksanakan tanggal 21-22 Maret 2022 Tehadap AN Literasi dan Numerasi diikuti Oleh 3 Orang Peserta dan 100% mengikutinya
  3. Survey Lingkungan Belajar (SLB) yang diperuntukan bagi 2 Orang Guru yang belum mengikuti SLB. namun karena 1 Guru sudah nonaktif maka, SLB Hanya diikuti oleh 1 Orang guru saja. Sehingga berdasarkan rekapan data SLB PTK dari 17 Orang mencapai 94,11%

                   ASESMEN NASIONAL (AN) PAKET A-B DAN C TAHUN 2021 SUSULAN 

@@**  Sumber berita _ Education News *

 

“Long Life education and education for All”

 

PKBM Harapan Bangsa Turunkan Tim Tangguh Merekrut Warga Putus Sekolah

Dalam rangka Peningkatan Percepatan Pembangunan di bidang Pendidikan maka, pada Tahun 2018 ke 2019 PKBM Harapan Bangsa menerjunkan tenaga-tenaga tangguh melakukan sosialisasi dan perekrutan terhadap peserta didik putus sekolah jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK, untuk ketuntasan Belajar Pendidikan Dasar dan Menengah 12 Tahun, dan peserta didik Putus Lanjut Pendidikan ke Perguruan Tinggi (PT) untuk mengisi Pendidikan Keterampilan Kecakapan Hidup, Pendidikan Kecakapan Kerja, Pendidikan Kewirausahaan di seluruh Bidang, diklat-diklat seperti:

  1. Diklat Security
  2. Diklat Mengemudi
  3. Diklat Otomotif
  4. Diklat Tenaga Pendidik dan Kependidikan
  5. Diklat Perhotelan
  6. Diklat Pariwisata
  7. Diklat Meubeler
  8. Diklat Desain Grafis
  9. Diklat TKJ
  10. Diklat Komputerisasi
  11. Diklat Tataboga
  12. Diklat Hantaran
  13. Diklat Public Speaking
  14. Diklat Tour dan Travel
  15. Diklat Pertukangan Bangunan
  16. Diklat Design interior
  17. Instalasi Listrik
  18. Diklat Instalasi perpipaan
  19. Diklat Pembuatan Abon ikan
  20. Diklat Pembuatan sate marongga
  21. Diklat budidaya Perikanan
  22. Diklat Budidaya Pertanian
  23. Diklat Pengecetan Kendraan Bermotor
  24. Diklat Perpajakan
  25. Diklat Perbendaharaan
  26. Diklat Kepemimpinan
  27. Diklat Pembukuan
  28. Diklat Akreditasi sekolah berbasis 8 standar Nasional.

Dan lain-lain.

Hal ini ditegaskan oleh Direktur PKBM Harapan Bangsa (Petrus Allung, SH), bahwa seluruh jenis program yang ada di PKBM diselenggarakan dengan satu tujuan visi misi Bangsa Indonesia Mencerdaskan Kehidupan Bangsa dengan pembekalan Ilmu dan Ketrampilan bagi masyarakat di daerah ini.