452 Peserta didik jenjang Dikdasmen-Diktara mengikuti Asesmen sumatef Semester Genap Tapel 2023/2024

Asesmen Sumatif Akhir Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024

 

Asesmen adalah proses mengumpulkan dan menganalisis informasi guna memahami kebutuhan pembelajaran, kemajuan, dan pencapaian Kompetensi Peserta dalam pembelajaran. Asesmen dalam dunia pendidikan memiliki hubungan yang saling memengaruhi. Asesmen selalu berdasarkan pada kurikulum yang sedang diterapkan di lembaga PKBM Harapan Bangsa pada Tahun pelajaran 2023/2024.

Pengertian Asesmen Sumatif

Tujuan Asesmen sumatif dalam pendidikan dasar dan menengah yang sedang dilakukan oleh PKBM Harapan Bangsa bertujuan untuk mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran atau Capaian Pembelajaran (CP) peserta didik sebagai landasan untuk menentukan kenaikan kelas atau kelulusan dari lembaga pendidikan. Evaluasi pencapaian hasil belajar peserta dilakukan dengan membandingkan hasil belajar mereka dengan standar pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Dengan kata lain, asesmen sumatif bisa disebut sebagai penilaian hasil belajar yang berisi laporan pencapaian pembelajaran dan bisa juga ditambahkan dengan informasi pertumbuhan dan perkembangan anak. Hasil dari asesmen sumatif ini dapat digunakan untuk mengukur perkembangan peserta dan membantu guru untuk merancang aktivitas pada pembelajaran berikutnya. Selain itu, teknik penilaian sumatif dilakukan setelah pembelajaran, akhir semester, atau akhir fase. Sementara khusus pada akhir semester, asesmen sumatif bersifat pilihan (Opsional) bagi peserta yang belum tuntas pembelajaran sumatif

Manfaat Asesmen Sumatif

Asesmen sumatif tingkat satuan PKBM Harapan Bangsa memiliki peran penting dalam memberikan umpan balik kepada guru/tutor tentang kemajuan belajar peserta serta memfasilitasi penentuan nilai atau grade untuk membandingkan prestasi peserta dengan yang lainnya. Ini tidak hanya membantu guru dalam mengevaluasi efektivitas metode pengajaran, tetapi juga menjadi dasar penting dalam menentukan kenaikan kelas atau kelulusan siswa di jenjang pendidikan berikutnya.

Tujuan Asesmen Sumatif

Tujuan utama dari asesmen sumatif adalah untuk memberikan gambaran komprehensif tentang pencapaian belajar peserta didik terhadap tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Hal Ini mencakup evaluasi terhadap pemahaman peserta terhadap materi pelajaran, keterampilan yang dikuasai, dan kemampuan mereka dalam mengaplikasikan pengetahuan tersebut. Dengan menyelenggarakan asesmen sumatif pada akhir suatu periode pembelajaran, seperti akhir semester atau akhir satu materi, guru dapat mengukur secara sistematis sejauh mana peserta atau warga belajar telah berkembang dalam proses belajar mereka.

Selain itu, asesmen sumatif juga bertujuan untuk memberikan umpan balik yang berguna bagi guru, warga belajar, dan orang tua. Hasil asesmen ini memberikan informasi yang jelas tentang area mana yang telah dikuasai peserta dengan baik dan area mana yang masih perlu ditingkatkan. Selain itu, hasil asesmen juga digunakan sebagai dasar bagi guru dalam menentukan nilai atau grade peserta, yang kemudian menjadi landasan untuk membandingkan prestasi siswa dengan yang lainnya serta mempertimbangkan keputusan terkait kenaikan kelas atau kelulusan peserta didik. Dengan demikian, asesmen sumatif memainkan peran penting dalam memastikan akuntabilitas dalam proses pendidikan sambil memberikan arah bagi pembelajaran yang lebih efektif bagi peserta didik di PKBM Harapan Bangsa.

Asesmen Sumatif Akhir Semester Genap 2023/2024

Asesmen Sumatif Akhir Semester Genap di PKBM Harapan Bangsa dilaksanakan mulai Senin, 3  Juni 2024 sampai dengan hari Jumat, 7 Juni 2024 Moda Daring, dengan zonasi Asesmen Daring dan Luring yang diikuti oleh 452 peserta didik. Mata pelajaran yang di asesmen meliputi:

  1. Jenjang Paket A Setara SD Kelas 1-5 Berjumlah             : 21 Peserta
  2. Jenjang Paket B Setara SMP Kelas 7-8 Berjumlah             : 71 Peserta
  3. Jenjang Paket C Setara SMA Kelas 10-11 IPA Berjumlah : 62 Peserta
  4. Jenjang Paket C Setara SMA Kelas 10-11 IPS Berjumlah : 68 Peserta

TOTAL DATA TERDAFTAR DI SETARA DARING BERJUMLAH : 222 PESERTA

TOTAL DATA YANG BELUM TERDAFTAR DI SETARA DARING BERJUMLAH :    230 PESERTA

Bagikan:

Tinggalkan Balasan